Hai, Teman, selamat datang di blog saya yang baru ini. Kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana cara mengubah blog curhat menjadi sebuah aset digital.

Mengapa saya menitikberatkan pada blog curhat? Karena memang blog curhat lebih bertahan daripada blog lainnya untuk banyak kasus. Sedangkan blog niche lainnya, seperti kesehatan, tekno, dan tutorial biasanya narablog kurang bisa bersabar karena persaingan yang begitu sengit di jagat pencarian Google.

Kelebihan Blog Curhat

Blog curhat memiliki beberapa kelebihan yang cukup membantu pemiliknya tetap mempertahankan untuk mengurus blog-nya. Dengan kelebihan ini, blog curhat akan lebih lama eksis dan seandainya vakum pun, jika diisi lagi semaunya kapan saja oleh pemiliknya. Berikut ini adalah kelebihan blog curhat.

  1. Bahasa luwes dan risiko konten duplikat sangat kecil.
  2. Membahas apa saja, semau pemiliknya. Sehingga narablog tidak pernah kehabisan ide untuk menulis.
  3. Rata-rata orang lebih suka membaca cerita atau pengalaman dari blog curhat dibandingkan niche tekno atau kesehatan.
  4. Jumlah komentar biasanya lebih banyak karena biasanya mereka tergabung dalam komunitas tertentu.
  5. Tidak terlalu tertekan harus menghasilkan uang dari blog curhat karena memang fungsinya untuk menumpahkan isi hati saja.

Dan masih ada beberapa kelebihan blog curhat yang bisa kamu dapatkan.

Kekurangan Blog Curhat

Selain ada kelebihan, tentu saja ada kekurangannya juga. Berikut ini adalah beberapa kekurangannya.

  1. Lebih susah mendatangkan pengunjung dari Google karena penulisnya tidak meriset keyword terlebih dulu.
  2. Tidak punya target pengunjung. Kebanyakan narablog tidak fokus untuk membesarkan blog-nya.
  3. Rentan tidak konsisten karena menulis hanya saat mood saja.
  4. Terlalu nyaman dengan menulis hingga lupa bahwa blog bisa mendatangkan uang.

Jika kamu sudah tahu kelebihan dan kekurangan dari blog curhat tadi, lalu bagaimana sih cara mengakali agar bisa membuat blog curhat tadi menjadi optimal dan menjadi aset digital yang bisa mendatangkan pemasukan pasif.

Mengubah Blog Menjadi Aset Digital

Aset digital banyak sekali bentuknya. Ada yang berupa blog, aplikasi, karya desain, source code, koin digital, dan sebagainya. Di zaman yang seperti ini semakin kamu kreatif, maka kamu akan berpotensi menghasilkan uang lebih banyak. Namun, tentu saja dengan proses yang tidak mudah dan tidak instan.

Untuk kamu yang masih belum bisa meriset kata kunci pencarian Google, jangan sedih, kamu tetap bisa mengubah blog curhatmu menjadi uang. Caranya? Tetap menulis dan terus belajar hal baru. Berikut ini adalah cara yang pernah saya lakukan dalam mengubah blog curhat saya menjadi mesin uang.

1. Beli Domain TLD

Mengapa harus beli domain TLD (Top Level Domain)? Ini kaitannya dengan bagaimana kamu mem-branding blog curhatmu. Hampir tidak pernah saya jumpai pengiklan mengiklan di blog yang blog-nya masih menggunakan *.blogspot.com atau *.wordpress.com. Rata-rata pengiklan lebih suka memasang di blog yang sudah berdomain TLD.

2. Gabung dengan Komunitas

Semakin banyak kamu gabung dengan komunitas blog yang up-to-date, maka lebih banyak juga kamu mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan peluang kerja sama dengan brand-brand terkenal. Bahkan saya sendiri masih menggunakan Facebook hanya karena info-info di grup Facebook yang masih menarik dan sering memberikan peluang pekerjaan blog.

3. Rajin Update Tulisan

Ini sih sepertinya sudah tahu lah yah. Siapa juga yang mau pasang iklan di blog yang tidak pernah di-update lagi. Lagi pula semakin kamu sering update, maka robot rambatan Google pun akan sering mengunjungi blog-mu.

4. Gabung dengan Platform Pengiklan

Ada beberapa platform yang saya gabung dan mendapatkan penghasilan darinya. Ada Sosiago.id, Vira.id, dan RajaBacklink.com. Dari ketiga platform tersebut, yang paling banyak menghasilkan adalah dari Sosiago.id. Namun, sebelum kamu gabung dengan platform tersebut, pastikan dulu skor DA (Domain Authority) blog-mu adalah 10 ke atas. Karena jika skor DA blog-mu di bawah 10, kemungkinan besar susah dapat pekerjaan blog.

5. Tetap Belajar Hal Baru

Selalu ada hal baru di dunia blog. Sebisa mungkin kamu ikuti info-infonya dan jika mampu, cobalah bereksperimen dengan info yang kamu dapatkan. Kamu juga bisa berdiskusi dengan saya mengenai dunia blog. Sangat mungkin hal yang kamu tanyakan ke saya, saya belum tahu. Dan ini akan membuat saya mencari tahu dan mendapatkan ilmu baru. Buat kamu yang ingin berdiskusi, kamu bisa cek di halaman Kontak.

Itulah beberapa cara mengubah blog curhat menjadi aset digital. Tulisan ini akan saya update jika saya mendapatkan ide atau info tambahan yang bisa ditambahkan ke tulisan ini.

2 thoughts on “Mengubah Blog Curhat Menjadi Sebuah Aset Digital

  1. Menarik mas. Saya baca tulisan ini sambil ngangguk-ngangguk. Haha..
    Punya blog curhat yang jarang riset keyword. Asal posting kalau lagi mood nulis. Gitu lihat trafik gak naik-naik.. malah murung.

    1. Wah, lama tidak bersua mas Chaidir.

      Kebanyakan yang punya blog curhat memang tidak fokus ke riset keyword. Jadi ya sangat wajar jika trafik ga naik-naik.

      Kecuali memang ngejar yang lagi hits, misal info menteri yang baru saja dipilih sekarang, pasti banyak yang nyari.

      Saya sendiri tidak seberapa fokus ke trafik, saya lebih fokus ke metrik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Menu