Punya website sendiri saat ini sudah menjadi hal yang hampir wajib bagi banyak orang. Apalagi jika kamu jualan atau punya usaha tertentu, kamu butuh banget punya website untuk memasarkan produkmu. Buat kamu yang tidak jualan pun, punya website bisa digunakan untuk menghasilkan uang, misal menulis artikel lalu mendaftarkan website kamu tersebut ke Google AdSense. Banyak cara untuk tetap menghasilkan uang dari website.

Omong-omong soal website, bagaimana sih idealnya membuat website untuk personal? Apa saja yang dibutuhkan? Buat kamu yang masih awam dengan website, pasti bingung harus memulai dari mana.

Langkah Awal Membuat Website, Jangan Sampai Salah Jalan

Bagi kamu yang tidak mau ribet dengan urusan teknis, ya bisa pakai jasa bikin website. Namun, jika kamu tipikal orang yang suka tantangan, tak ada salahnya membuat website kamu sendiri. Membuat website itu tidak sulit dan tidak mudah juga. Maksudnya bagaimana?

Membuat website tidak sulit jika website yang kamu butuhkan adalah sekedar blog pribadi untuk curhat atau web untuk jualan. Ini cukup mudah untuk dipelajari. Kalau yang susah? Ya bikin website selayaknya e-commerce, ini pasti susahnya minta ampun lah. Hehe.

Harus Punya Domain dan Hosting

Hal yang pertama kali kamu lakukan untuk membuat website adalah kamu harus punya domain dan hosting. Apa itu domain dan hosting? Domain atau nama domain adalah alamat website yang Anda ketikkan di kolom URL browser untuk membuka sebuah website. Fungsi domain hampir sama seperti nama jalan dalam alamat, yang memberikan informasi kepada sistem GPS untuk menunjukkan arah ke tempat tersebut.

Sedangkan definisi hosting menurut Techopedia adalah layanan yang menyediakan sumber daya penyimpanan dan komputasi bagi individu atau organisasi untuk akomodasi dan pemeliharaan suatu website.

Hosting dan domain tidak bisa dipisahkan karena keduanya saling berkaitan. Jika hosting adalah layanan yang memungkinkan penggunanya untuk menyimpan data yang berguna untuk website, domain adalah alamat website yang akan mempermudah kita untuk menemukannya di internet. Contohnya domain antara lain seperti .com, .id, .org, dan masih banyak lainnya.

Beli Layanan Web Hosting yang Fiturnya Lengkap, Biar Gak Nyusahin

Banyak sekali penyedia layanan web hosting yang ada di Indonesia. Saking banyaknya mungkin kamu akan bingung memilih. Ingat, jangan hanya tergiur dengan harga yang murah. Kamu harus cek detail penawaran yang mereka berikan.

Apa saja sih fitur yang perlu kamu dapatkan dari web hosting yang memudahkan kamu membuat website?

Yang pertama adalah panelnya. Paling enak menggunakan cPanel, ini panel buat mengatur website yang paling banyak dipakai saat ini. Yang kedua, memiliki keandalan server uptime yang tinggi. Ini penting sekali. Jangan sampai saat web kamu lagi rame pengunjung, eh malah down. Bisa mengurangi pendapatan nih jika kamu pasang AdSense atau lagi menjalankan campaign iklan.

Yang ketiga, provider sudah menyediakan fitur LiteSpeed dan WordPress Accelerator. Tujuannya agar web kamu cepat diakses oleh pengunjung. Karena mana ada pengunjung yang sabar dengan website yang lemot saat diakses.

Yang kesekian, harus menyediakan SSL gratis, akun FTP, backup data, dan yang paling penting Customer Service-nya mudah dihubungi, cepat balasnya, dan ramah dalam melayani.

Ada Rekomendasi Layanan Web Hosting dengan Fitur Lengkap?

Ada, kamu bisa mencoba layanan Shared Hosting Server milik Hosting Neo dari Biznet yang harganya mulai 20 ribu per bulan. Mendengar nama Biznet ini pasti kamu tidak asing kan? Ya, Biznet adalah salah satu provider server yang banyak dipakai oleh perusahaan maupun e-commerce yang ada di Indonesia.

Ditambah mudah untuk Migrasi untuk free domain selama 1 tahun, FREE SSL, email profesional, dan penyimpanan sampai dengan 120 GB, mulai dari 20K.

Di balik nama besar Biznet ini, Hosting Neo tentu saja sangat kapabel dalam menangani server. Hosting Neo juga memberikan fitur lengkap yang dibutuhkan dalam membuat website. Mau pakai panel cPanel, plugin LiteSpeed Enterprise, WordPress Accelerator, HTTP/3, QUIC & BROTLI, Immunify360, addons domain, fitur subdomain, email, backup harian/mingguan/bulanan, semua ada.

Oh ya, mumpung bulan Agustus, ada banyak promo yang sedang berjalan di Hosting Neo. Ada diskon 25% untuk NEO Web Hosting, dan bisa memilih dedicated server, harga sudah termasuk biaya pembelian domain.

  1. Diskon berlaku untuk layanan NEO Web Hosting dan NEO Dedicated Hosting
  2. Kode Voucher NEO Web Hosting: NEOWH25 (Sudah Termasuk Domain)
  3. Kode Voucher NEO Dedicated Hosting: NEODH25
  4. Kode Voucher dapat diaktifkan pada periode promo: 20 Agustus 2021 – 20 November 2022 di https://web.neo.id
  5. Diskon hanya dapat digunakan untuk billing cycle annual
  6. Diskon hanya berlaku untuk pengguna baru
  7. Kode promo hanya dapat di-redeem sebanyak satu kali untuk setiap akun yang sudah terdaftar

Jadi, buruan manfaatkan promo yang sedang berjalan di Hosting Neo saat ini yah. Lumayan menghemat budget.

Previous post Tips Membeli Mobil Bekas Jakarta yang Berkualitas
Next post Tips Mencari Dokter Gigi Yogyakarta Terbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Menu