Dari awal saya ngeblog—awal tahun 2008 dulu—saya sudah diiming-imingi bahwa ngeblog bisa menghasilkan uang. Awalnya saya dikenalkan dengan program Pay Per Click (PPC) sebuah website—saya sudah lupa website-nya apa—oleh teman saya. Sayangnya, tidak bertahan lama ketertarikan saya terhadap PPC ini karena penghasilannya sangat kecil. Kemungkinan untuk payout sangat kecil menurut perhitungan saya.

Di saat yang sama saya juga diberi tahu teman saya bahwa ada Google AdSense yang bisa menghasilkan uang. Sayangnya, dulu saya masih gaptek sekali dengan internet, jadi tidak seberapa paham mengatur blog dan tidak paham cara mendaftar AdSense. Padahal, di tahun 2008 kakak ipar saya—yang saat itu belum kenal satu sama lain—sudah bisa menghasilkan uang dari AdSense. Sebenarnya cukup mudah di tahun 2008 mendaftar AdSense. Cukup punya blog dengan domain TLD—direkomendasikan begitu, walau pakai blogspot juga bisa, diisi artikel, lalu didaftarkan.

Namanya saja belum rejeki, bahkan hal yang mudah saja saat itu—bagi saya yang dengan kemampuan seperti sekarang—tetap saja tidak bisa dilakukan karena otak saya belum sampai. Meskipun keadaannya seperti itu, saya tetap ngeblog karena alasan hobi saja dan ingin menulis pengalaman di blog. Isi blog saya saat itu penuh dengan curhatan. Haha.

Semua berubah ketika saya menikah dan mulai serius mengerjakan blog. Di tahun 2013, pertama kali saya mendapatkan pekerjaan menulis artikel review di blog curhatan saya. Waktu itu saya mendapatkan $10 untuk pekerjaan itu. Saya berpikir, wah ternyata bisa menghasilkan uang lewat blog walau tanpa Google AdSense.

Saya pun ketagihan untuk mendapatkan pekerjaan menulis semacam itu. Saya sempat dapat lagi dari Zalora dan Lazada. Waktu itu bayarannya berupa rupiah, 100 ribu. Saya dan istri pun akhirnya bertekad membuat beberapa blog yang memang dikhususkan untuk review. Dan mulailah pundi-pundi uang datang seiring berjalannya waktu. Hingga saat ini saya juga masih merawat blog-blog saya dan bergabung dengan beberapa website platform penghasil uang dari blog.

Bagi kamu yang masih memulai ngeblog, cobalah bergabung dengan beberapa website platform berikut ini. Gabung saja dulu sembari kamu mengisi blogmu.

Sosiago.id

Sosiago.id ini adalah platform penghasil uang dari blog yang paling favorit di hati saya. Haha, kayak apaan aja. Dulunya bernama iblogmarket.com dan sejak 2018 berubah jadi Sosiago.id. Di belakang Sosiago.id ini ada agensi periklanan yang bernama Optify.

Dari Sosiago.id ini sejak 2018 penghasilan total yang saya terima sekitar 27 juta. Besar? Tidak juga. Ada yang menghasilkan sampai ratusan juta. Tentunya dengan jumlah blog yang ratusan juga.

Vira.id

Setelah Sosiago.id datang, Vira.id menyusul. Di belakang Vira.id ini ada agensi periklanan Inbound.ID. Saya sudah mengenal Inbound.ID ini sejak tahun 2015. Masih saat zaman rate 50 ribu per post dengan artikel dari mereka. Kemudian mereka di tahun 2018 membuat platform seperti Sosiago untuk memudahkan distribusi pekerjaan review ini.

Pengalaman dari Vira.id ini cukup bagus. Total penghasilan saya sejak 2018 hingga saat ini mencapai 10 jutaan.

Rajabacklink.com

Untuk Rajabacklink.com ini saya kurang mengenal jauh. Mungkin karena di sana saya jarang dapat job, jadinya kurang kepo. Hehe. Saya daftarkan blog di sana cuma sekedar coba-coba saja. Menghasilkan kah? Ya, dapat beberapa job sih, cuma tidak terlalu besar. Paling selama ini total baru 700 ribuan.

Blogpartner.id

Blogpartner.id ini cukup bagus penawarannya, hanya saja bukan uang tunai. Pembayaran berupa voucher 150 ribu rupiah yang bisa dibelanjakan di Blibli.com. Saya bekerja sama dengan orang SEO Blibli.com—saat itu belum ada platform Blogpartner.id, hanya lewat email—ini sejak 2016 lalu. Sering dapat juga.

Bagi saya, bergabung di Blogpartner.id ini menarik meski bukan uang tunai. Kemungkinan kamu mendapatkan job sangat besar. Bahkan bulan Februari kemarin saya mendapatkan 4 buah job review.

Dan, masih ada platform penghasil uang lainnya yang bisa kamu temukan sendiri. Saya sendiri juga tahu beberapa lainnya, namun saya hanya memilih 4 ini karena mereka sudah terbukti membayar.

Sebagai blogger, kamu juga perlu hati-hati saat bergabung dengan platform influencer lainnya. Kadang ada yang scam (tidak membayar). Maka dari itu, penting untuk mencari—bisa dengan googling—pengalaman orang lain tentang platform yang kamu akan bergabung dengannya.

Semoga tulisan ini bermanfaat dan bisa membuatmu menghasilkan uang dari blog.

18 thoughts on “Kumpulan Website Platform Penghasil Uang dari Blog

    1. Betul. Kalau ditekuni bisa ratusan juga dapatnya. Apalagi Google AdSense, cuma aku ga jodoh sama ini. Hehe.

  1. Yang Vira itu kayaknya potensial, kayak Sosiago. Cuma kok gak ada rate jelasnya ya. Misal 1 artikel bayarannya sekian ratus ribu, gitu. Lagian artikelnya harus ditulis sendiri, gak disiapin advertiser. Kalau berdasar pengalamanmu sendiri, gimana John? Bayaran dari Vira lebih bagus dari Sosiago, atau sama, atau malah lebih rendah?

    1. Dulu Vira itu bagus, harganya mahal-mahal. Tiap job 150 ribuan. Tapi makin ke sini, makin pelit. Malah terakhir ini bayarannya cuma 93 ribuan. Hehe.

      Aku sendiri sih lebih suka Sosiago, terlebih Sosiago lebih sering dapat. Vira juaarang banget dapet. Bahkan untuk bisa payout minimal 300 ribu, bisa nunggu 2 bulanan. Padahal dulu Vira sebulan bisa dapat 1,5 juta.

      Aku ngerasa sih karena mungkin advertiser di Vira ga sebanyak di Sosiago. Selain itu, tampilan Vira agak kurang “keren” dan bikin advertiser kebingungan. Jadinya malas pasang iklan di sana. Itu sih sekedar opini pribadi yah. Di dalam sendiri aku tidak tahu.

  2. Aku belum coba yang Rajabacklink. Nanti deh cek gimana siapa tahu cocok. Yang 3 udah daftar dari kapan hari. Enaknya kalau punya beberapa blog. Kadang barengan dapatnya, hahaha

    1. Coba aja. Tapi ga seramai Sosiago. Saldoku nyantol di RajaBacklink dan belum bisa ditarik karena belum dapat job lagi 🙁

  3. Baru tau ada platform seperti itu.
    Kenapa nggak daridulu tau terus mencoba…
    Kemarin2 hanya fokus Adsense terus.

    Sekarang mas-nya masih aktif di ke-4 platform diatas?

    1. Masih aktif di 4 platform itu kok. Wajar sih jika banyak yang terlena gemerlap AdSense, karena memang kalau serius beneran, bisa dapat ratusan juta. Tapi kan susah. Hehe. Saya cari yang gampang-gampang saja.

    1. Coba saja di sana mba. Di sana lebih mudah dapat job jika blog DA di atas 10 dan sering update blog-nya.

  4. Untuk yang blogparner gimana ya untuk sekarang ?

    soalnya artikel sudah beberapa di publish, namun belum pembarayan juga dari blogpartner

    1. masih bagus dan masih membayar
      memang agak lama, karena yang direview oleh mereka sangat banyak
      ditunggu saja, saya saja nunggu sekitar 1 bulan, baru terbit vouchernya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Menu