Akuntansi masih menjadi salah satu primadona yang banyak dipilih oleh calon mahasiswa. Hampir di setiap universitas memiliki jurusan akuntansi bahkan hampir di semua universitas memiliki mata kuliah akuntansi.

Walaupun begitu, banyak calon mahasiswa yang mendaftar di jurusan akuntansi. Banyaknya calon mahasiswa memilih akuntansi dan mendaftar di PPM Manajemen bahkan sampai over capacity karena alasan berikut ini.

1. Prospek Kerja Luas

Jurusan akuntansi mempelajari mengenai statistical, audit, budget bahkan perencanaan investasi. Karena ilmu akuntansi yang dipelajari tersebut, hampir di semua sektor bisnis butuh lulusan akuntansi. Misalnya untuk mencatat, menganalisis, merencanakan keuangan untuk perusahaan.

Terlebih lagi, gaji yang diperoleh juga tinggi. Karena hal tersebut, banyak yang melakukan pendaftaran di jurusan akuntansi.

2. Cocok untuk Penyuka Matematika dan Teliti

Di jurusan akuntansi, kamu harus bisa melakukan penghitungan dalam jumlah yang besar. Bukan hanya keterampilan menghitung yang diperlukan namun juga ketelitian. Salah angka atau salah perhitungan bahkan hanya 1 rupiah, akan mempengaruhi hasil akhirnya.

Apalagi jika kamu harus membuat laporan keuangan dan mencocokan antara debit dan kredit dalam jumlah yang banyak. Jika tidak balance, maka kamu harus mengulang atau mengoreksi lagi.

3. Double Degree

Beberapa universitas yang ada di indonesia memiliki kerja sama dengan kampus internasional. Salah satu bentuk kerja samanya adalah program double degree ini.

Jika kamu kuliah di universitas dengan program double degree maka kamu akan memiliki gelar ganda dan kemampuan plus. Alhasil, kamu akan memiliki pengalaman, kesempatan dan ‘nilai jual’ untuk berkarir lebih tinggi di pasar global.

4. Dapat Diaplikasikan di Kehidupan Nyata

Maksud dari kehidupan nyata adalah kegiatan yang kamu lakukan sehari-hari. Mulai dari mengatur keuangan untuk kebutuhan bulanan, hingga cara mengatur finansial untuk hari tua.

5. Memiliki Banyak Cabang Ilmu

Apa akuntansi hanya sebatas menghitung angka? Pada dasarnya iya, namun ada cabang ilmu lain sebagai konsentrasi. Beberapa diantaranya adalah akuntansi pemerintah, akuntansi manajemen, akuntansi keuangan, akuntansi bisnis.

Masing-masing cabang ilmu akuntansi, dapat dijadikan sebagai modal utama untuk kamu dalam menapaki profesi yang diinginkan.

6. Mengajarkan Tanggung Jawab

Memang, sikap tanggung jawab seharusnya dimiliki oleh masing-masing individu bukan karena kuliah atau yang lainnya. Namun kuliah di jurusan akuntansi akan membuat kamu semakin tanggung jawab. Ini disebabkan semasa kuliah, kamu harus menyusun laporan keuangan dan etika yang harus dijunjung akuntan.

Karena hal tersebut, tidak heran jika seorang mahasiswa akuntansi, tidak hanya terkenal teliti namun juga tanggung jawab. Apalagi jika berkaitan dengan masalah audit ataupun menyusun laporan keuangan.

7. Grade Tinggi

Masih banyak orang yang menganggap jika kuliah atau menempuh pendidikan dengan akreditasi A akan lebih dihargai dibandingkan yang lainnya.

Bahkan, tidak sedikit perusahaan yang mensyaratkan lulusan dari kampus ternama dengan akreditasi A. Karena hal tersebut, banyak yang akhirnya memutuskan untuk masuk ke jurusan akuntansi.

8. Bisa Menjadi Entrepreneur

Orang yang mengambil jurusan akuntansi terutama akuntansi bisnis memiliki modal untuk menjadi seorang wiraswasta. Dengan modal bisa menganalisa untung dan rugi, kamu bisa membangun usaha sendiri dan menganalisa bisnis tersebut.

Karena keunggulan tersebut, tidak sedikit universitas yang membuka pendaftaran mahasiswa baru 2020 untuk jurusan akuntansi. Misalnya di PPM Manajemen.

Agar lebih mudah untuk melakukan pendaftaran, apalagi di situasi di tengah pandemic seperti ini, kamu bisa nih menggunakan goKampus.

Dengan aplikasi tersebut, kamu tidak hanya bisa daftar kuliah, namun juga kesempatan untuk mendapatkan beasiswa, bayar biaya kuliah dengan mudah hingga instant approval.

Jadi segera donwnload goKampus sekarang juga dan buktikan kemudahannya!

One thought on “8 Alasan Memilih Jurusan Akuntansi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Menu