Banyak alasan orang untuk menyewa tempat tinggal sementara di beberapa tempat. Umumnya, orang-orang menyewa tempat tinggal sementara karena sedang ada kunjungan terkait pekerjaan, melamar pekerjaan, atau bahkan hanya sekadar liburan.

Jika waktu yang dibutuhkan hanya beberapa hari saja, orang kebanyakan akan memilih tinggal di hotel. Namun, ketika sudah lebih dari 3 hari, maka akan muncul alternatif lainnya yang bisa lebih murah dan menguntungkan, yaitu sewa apartemen.

Ada beberapa keuntungan menyewa apartemen yang bisa kamu dapatkan dibandingkan menyewa hotel jika kamu dalam perjalanan dan kamu menetap cukup lama di tempat tujuan tersebut. Berikut ini adalah beberapa keuntungan tersebut.

Ruangan Lebih Besar

Dibandingkan dengan hotel, apartemen lebih memiliki ruangan yang luas. Hotel biasanya hanya sekedar kamar tidur dan kamar mandi saja. Sedangkan apartemen biasanya juga mencakup ruang dapur dan ruang tamu.

Biasanya apartemen dibuat untuk menampung beberapa orang. Sayang sekali jika kamu menyewa apartemen hanya untuk sendirian saja. Ada apartemen yang menyediakan beberapa kasur di kamar tidur. Apartemen memang awalnya didesain untuk ditinggali dalam waktu yang cukup lama untuk sebuah keluarga kecil. Setidaknya orang menginap di apartemen sekitar semingguan. Desainnya pun tentu lebih butuh ruang yang luas.

Harga Sewa Relatif Murah

Jika menginap di hotel, tarif dikenakan per malam. Anggap saja kamu menginap di hotel bintang 3, maka kira-kira uang yang bakal kamu keluarkan tiap malamnya adalah 300 ribuan. Tinggal dikali saja kamu berada di sana berapa hari. Anggap saja 7 hari, maka sudah sekitar 2,1 juta uang yang harus kamu keluarkan. Untuk tinggal di apartemen dalam 7 hari, tentu harganya lebih murah. Belum lagi jika kamu sewa apartemen dalam jangka waktu 1 bulan. Tentu jauh lebih murah.

Fasilitasnya Lebih Menjanjikan

Meskipun tidak berlaku untuk semua apartemen, kebanyakan apartemen mempunyai beberapa fasilitas yang cukup unggul dan menjanjikan. Kamu bisa menanyakannya terlebih dulu pada pemilik apartemen apa saja yang bisa digunakan di sana. Misal kompor listrik, TV, AC, kulkas, atau elektronik lainnya.

Berbeda dengan hotel yang memang didesain untuk tinggal dalam waktu singkat. Fasilitasnya pun cukup sederhana. Ada yang lengkap sih, tapi ya harganya juga cukup fantastis.

Biasanya Dilengkapi Dapur

Dibandingkan hotel, apartemen biasanya juga dilengkapi dengan dapur mini. Di sana kamu biasanya memasak seperti kopi hangat atau sekadar menghangatkan makanan di microwave. Biasanya apartemen yang cukup bagus juga dilengkapi dengan kulkas. Sangat cocok untuk kamu yang tinggal agak lama di apartemen tersebut.

Peraturan dan Administrasi Lebih Sederhana

Berbeda dengan hotel yang kamu harus melengkapi beberapa administrasi yang cukup panjang, sewa apartemen hadir dengan administrasi yang sangat sederhana. Paling-paling kamu hanya dimintai fotocopy KTP atau tanda identitas lainnya lalu membayar sesuai harga sewa yang telah disepakati. Mau memperpanjang sewa pun juga mudah, kamu tinggal telepon pemilik apartemen yang bilang kalau kamu akan memperpanjangnya hingga sekian hari.

Tak hanya itu, biasanya seseorang yang menyewakan apartemen tidak meributkan apartemen tersebut akan ditempati oleh berapa orang. Asal ruangan cukup ya itu sudah menjadi konsekuensi dari penyewa jika mengajak temannya untuk tinggal di tempat itu.

Itulah beberapa kelebihan sewa apartemen yang membuat beberapa orang memilih apartemen dibandingkan hotel. Semoga tulisan ini cukup membantu untuk kamu yang bingung mau memilih apartemen atau hotel saat liburan nanti.

Previous post Konsultasi dengan Dokter Anak di SehatQ, ini Masalah yang Dapat Ditangani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Menu