Dokter anak atau yang bisa disebut dengan ahli pediatri merupakan keahlian yang memiliki fokus pada kesehatan mental, fisik, tumbuh kembang dan emosional anak semenjak mereka dilahirkan hingga berada di masa remaja 18 tahun.

Ahli pediatri bertugas memberi tindakan pencegahan penyakit, pengobatan entah penyakit akut maupun penyakit kronis. ahli pediatri biasanya memulai pendidikan dengan menyelesaikan gelar Dokter Umum terlebih dulu kemudian melanjutkan pendidikan spesialis khusus spesialis anak.

Saat ini, melakukan pemeriksaan ke spesialis anak bisa dilakukan dengan mudah. Bahkan, Anda dapat melakukan konsultasi ke spesialis anak secara online. Saat satu situs kesehatan yang bisa dijadikan sebagai pilihan adalah SehatQ.

Masalah yang Dapat Ditangani Dokter Anak SehatQ

Di SehatQ, Anda dapat melakukan konsultasi dengan spesialis anak. Bila memilih melakukan konsultasi secara langsung, Anda dapat melakukan booking serta janjian dengan spesialis anak.

Namun, bila ingin melakukan konsultasi secara online, Anda bisa memilih spesialis anak yang diingini, kemudian dilanjutkan dengan sesi chat dokter.

Berikut beberapa masalah yang dapat ditangani, antara lain:

  1. Memberikan evaluasi pertumbuhan serta perkembangan anak, serta memberikan deteksi gangguan yang berkaitan dengan masalah anak.
  2. Memberi edukasi pada ibu mengenai gaya hidup, keamanan serta cara menyusui buah hati.
  3. Melakukan imunisasi anak.
  4. Memonitor kondisi bayi yang baru saja lahir prematur serta memberi penanganan yang diperlukan.
  5. Melakukan diagnosis penyakit serta kondisi anak. Contohnya seperti diare, infeksi saluran pernapasan, alergi anak, infeksi kulit, kanker anak dan kekurangan nutrisi.
  6. Menangani berbagai macam kondisi yang menyerang anak seperti cedera fisik, penyakit alergi, kelainan genetik, masalah gizi dan lainnya,
  7. Memeriksa serta mengobati kesehatan fisik. Spesialis anak juga memiliki tanggung jawab pada gangguan mental yang mungkin dapat menyerang anak serta remaja seperti kecemasan, gangguan tumbuh kembang hingga depresi.

Bila memerlukan rujukan dari spesialis lain, nantinya spesialis anak juga akan memberi rujukan. Contohnya saja seperti anak memerlukan tindakan operasi, nantinya dokter akan memberi rujukan pada spesialis bedah.

Tindakan Dokter Anak

Selain menangani masalah, spesialis anak juga akan melakukan berbagai macam tindakan. Berikut beberapa tindakan yang bisa dilakukan oleh spesialis anak:

  1. Melakukan pemeriksaan secara fisik serta melakukan penelusuran medis, riwayat kehamilan, tumbuh kembang, persalinan ibu ketika mengandung anak, hingga kelengkapan imunisasi yang diberikan.
  2. Melakukan penyuntikan yang berkaitan dengan pemberian vaksin dan pengobatan.
  3. Menentukan langkah perawatan, apakah anak tersebut harus di rawat inap atau dapat melakukan rawat jalan.
  4. Melakukan pemantauan dan evaluasi, serta memberi pengobatan sesuai dengan kebutuhan serta diagnosis anak. Sehingga, dalam masa pengobatan, spesialis anak akan terus melakukan pemantauan kemudian melakukan evaluasi untuk menentukan langkah yang bisa dilakukan berikutnya.
  5. Memberi pertolongan medis ketika terjadi kasus gawat darurat seperti sesak napas, kejang pada anak, henti napas dan menentukan langkah yang akan dilakukan lainnya.
  6. Menjelaskan kondisi medis, langkah penanganan, pengobatan pada orangtua maupun wali anak menggunakan bahasa yang jelas serta mudah untuk dipahami.

Ada begitu banyak pilihan dokter anak di SehatQ, Anda dapat memilih seusai dengan lokasi kota tempat tinggal Anda saat ini, atau memilih sesuai dengan rumah sakit yang menjadi prakter spesialis anak tersebut. Dengan menggunakan SehatQ, proses booking dan konsultasi spesialis anak menjadi lebih cepat, mudah, aman dan nyaman.

Previous post Pengalaman Mendaftar Google AdSense dan Diterima
Next post Alasan Mengapa Sewa Apartemen Saja Saat Bepergian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Menu