Sistem inventaris atau inventori adalah manajemen sistematis untuk mencari, menyimpan, dan menjual barang-barang yang menjadi inventaris baik bahan mentah (komponen) maupun barang jadi (produk).

Dalam istilah bisnis, sistem inventori berarti mengatur stok yang tepat, pada tingkat yang tepat, di tempat yang tepat, pada waktu yang tepat, dan dengan biaya yang tepat. Mengelola inventaris bisa menjadi aktivitas yang sangat menantang, dan ketika bisnis Anda sedang berkembang, maka hal ini bisa sangat memusingkan. Berikut adalah manfaat sistem inventori untuk bisnis Anda.

Manfaat Inventori dalam Sebuah Bisnis

Secara sederhana, sistem inventori adalah proses yang Anda gunakan untuk mengawasi dan mengatur barang atau bahan di fasilitas Anda. Sebagai komponen manajemen rantai pasokan, sistem inventori mengawasi aliran barang dari produsen ke gudang ke tempat penjualan.

Sistem ini melibatkan reseller yang ingin mendapatkan dan memelihara berbagai barang dagangan yang tepat sambil mengelola pesanan, logistik, pengembalian, dan biaya terkait agar tetap terkendali. Sangat penting bagi perusahaan untuk memahami inventarisnya agar operasionalnya lebih efisien dan cepat.

Sistem inventori yang efektif membantu mengurangi biaya yang selanjutnya menjaga keuangan tetap terkendali. Berikut adalah keuntungan sistem inventori dalam sebuah bisnis :

1. Melacak Inventaris

Sistem yang baik akan membantu Anda melacak inventaris Anda dan menawarkan tampilan stok tertata di seluruh saluran penjualan sehingga Anda bisa tahu berapa banyak produk yang tersedia. Sistem inventori juga memungkinkan pengalokasian inventaris ke saluran penjualan tertentu, apalagi jika Anda memiliki gudang dan pusat distribusi di beberapa lokasi.

2. Mengendalikan Biaya Anda

Menyimpan laporan tentang inventaris membantu Anda memahami produk mana yang berkinerja baik, versus mana yang hanya menghabiskan ruang di rak gudang. Kurangnya persediaan yang tepat pada waktu yang tepat menunjukkan bahwa pesanan Anda banyak sementara persediaan yang selalu sama menunjukkan produk Anda sepi peminat sehingga Anda bisa mengendalikan biaya Anda.

3. Mempermudah Pengiriman

Pengiriman yang terlambat karena kehabisan stok pasti akan memberi Anda reputasi bisnis yang buruk. Untuk mudah dalam melakukan pelacakan, penting bagi Anda mengetahui kapan vendor mengirimkan inventaris dan kapan produk akan tiba. Sistem inventori membantu Anda mengelola produk yang sudah dibutuhkan pelanggan. Stok yang datang dari vendor dan diatur dengan sistem inventori mempermudah Anda mengetahui kapan Anda bisa mengirim produk-produk itu pada pelanggan Anda.

4. Mudah Dalam Mengelola Perencanaan

Sistem inventori dapat membantu Anda meningkatkan perkiraan permintaan dengan menganalisis tren data dari saham yang berkinerja baik. Sistem ini meminimalkan biaya penyimpanan dan penanganan Anda, meningkatkan pendapatan, dan membebaskan arus kas.

5. Mengurangi waktu untuk mengelola inventaris

Dengan solusi sistem inventori yang baik, Anda dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk melacak semua produk yang Anda miliki dan yang dipesan. Selain itu, Anda bisa menghemat waktu yang digunakan dalam penghitungan ulang inventaris jika catatan Anda ada.

Saat ini, sistem inventori menjadi sangat penting untuk kelangsungan laporan keuangan suatu bisnis. Jika Anda tidak memiliki kendali yang baik atas inventaris Anda, maka laporan keuangan Anda bisa kacau. Selain mempunyai sistem inventori, jangan lupa gunakan pula aplikasi “BukuKas”. Aplikasinya mudah digunakan dan juga gratis diunduh!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Menu